Minggu, 02 Maret 2008

Perkembangan Game Console: Wii, PS3, XBox dan Perangkat Pendukungnya


Pengertian
Konsol permainan adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller. Konsol permainan pertama kali dibuat Atari, kemudian dilanjutkan dengan Nintendo yang sempat merajai pasaran pada tahun 1985-1989. Konsol permainan modern saat ini antara lain adalah PlayStation buatan Sony dan Xbox buatan Microsoft. Konsol yang berdimensi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana disebut konsol portabel, misalnya PlayStation Portable yang dirilis oleh Sony pada tahun 2005


Xbox adalah konsol permainan video generasi ke-6 buatan Microsoft, dan merupakan konsol permainan video pertama bagi perusahaan Microsoft. Pertama kali dirilis tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara, tanggal 22 Februari 2002 di Jepang, dan 14 Maret 2002 di Eropa. Xbox adalah pendahulu dari konsol Xbox 360. Beberapa judul perangkat lunak permainan yang terkenal untuk konsol ini adalah Halo: Combat Evolved, Amped: Freestyle Snowboarding, Dead or Alive 3, Project Gotham Racing, dan Oddworld: Munch's Oddysee. Sistem penyimpanan konsol Xbox adalah Harddisk dan Memory Card.

Xbox 360 ("tiga-enampuluh"), yang pada saat pengembangan dikenal dengan nama Xenon atau Xbox 2, adalah penerus konsol permainan video Xbox milik Microsoft. Microsoft secara resmi memperkenalkannya di MTV pada 12 Mei 2005, dan informasi detil mengenai peluncuran dan permainan dibeberkan di akhir bulan yang sama dalam Expo Electronic Entertainment (E3) yang terkenal. Saat dirilis pada 22 November 2005 di Amerika Utara dan Puerto Rico, 2 Desember 2005 di Eropa dan 10 Desember 2005 di Jepang, Xbox 360 menjadi konsol pertama yang diluncurkan berbarengan untuk tiga daerah besar. Ia juga merupakan produk pertama konsol permainan generasi terbaru dan akan bersaing dengan Sony PlayStation 3 dan Nintendo Wii. Xbox 360 adalah konsol pertama yang dapat memutar film HD-DVD dengan membeli paketnya terlebih dahulu, yang akan direlease kemudian. Xbox 360 juga adalah konsol pertama yang menggunakan stik wireless. Andalan Xbox 360 adalah grafis dan kemampuan onlinenya. Xbox Live adalah salah satu fitur online yang ditawarkan Microsoft selaku produsennya.


Wii adalah konsol permainan video kelima Nintendo yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Pada tahap awal pengembangan, konsol ini diberi nama Revolution.

Konsol ini diperkenalkan dalam Tokyo Game Show 2005 pada 16 September 2005. Konsol ini dirilis pada November 2006 di AS dan Desember di Jepang dan beberapa wilayah lainnya, dan bersaing dengan PlayStation 3 dan Xbox 360.
Berbeda dari Xbox 360 dan PlayStation3, Wii lebih menitik beratkan pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki kedua konsol tersebut. Wiimote merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game), bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan kedua konsol saingannya.
Wii merupakan konsol game generasi baru dengan harga rilis termurah dibandingkan para pesaingnya. Di Jepang, Wii diluncurkan dengan harga JP¥25.000 sementara di AS seharga $249,99. Kecuali di Jepang, Wii dijual satu paket dengan Wii Sports, sebuah game olah raga (tennis, baseball, bowling, golf, boxing) yang ditujukan untuk memperkenalkan pengguna Wii kepada gaya permainan terbarunya.

Wii mempunyai kompatibilitas lama (backward compatibility) dengan beberapa konsol lama Nintendo dan Sega, termasuk NES, TurboGarfx-16, SNES, Genesis, Nintendo 64 dan GameCube. Kompatibilitas dengan GameCube dicapai dengan diadakannya slot bagi CD berukuran 8 cm seperti yang digunakan GameCube, sementara untuk yang konsol lainnya hal ini diperoleh melalui jasa konsol virtual (Virtual Console) yang merupakan salah satu fitur Wii. Melalui Virtual Console, pengguna Wii dapat membeli dan mengunduh game-game lama dan dimainkan langsung di Wii melalui channel Wii Shop.
Beberapa permainan dan ekspresi gamers:






PLAYSTATION 3 (Bahasa Jepang: プレイステーション 3, Pureisutēshon Surī, merek dagang: PLAYSTATION 3, disingkat PS3) adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 adalah penerus dari PlayStation dan PlayStation 2 dan akan bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo.

PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh, dan akan dirilis pada tanggal 17 November 2006 di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya.

PlayStation 3 akan dirilis dengan 2 tipe, Basix dan Premium/Platinum. PlayStation 3 secara respi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. Konfigurasi final pertama dipertunjukkan di Tokyo Game Show 2006.
Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processornya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PS3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vektor processor. Selain itu GPU dibuat sendiri bekerjasama dengan NVidia.
Contoh cover dan tampilan game:



Berdasarkan konfigurasi mesin:
• Versi PlayStation 3 Premium (60 GB) termasuk 60 GB Serial ATA 2.5" harddisk, konektivitas Wi-Fi, dan pembaca kartu memori (SD, Memory Stick Pro Duo, dan Flash memory), dan kosmetik warna perak di pinggiran PS3.
• Versi PlayStation 3 Basic (20 GB) termasuk 20 GB Serial ATA 2.5" harddisk, tetapi fitur Wi-Fi dan pembaca kartu memori ditiadakan. Hard disk dapat diganti atau di-upgrade dan fitur pembaca kartu memori dapat ditambahkan dengan membeli pembaca memori USB, tetapi konektivitas Wi-Fi untuk sementara ini tidak dapat ditambahkan.
Sony telah mengumumkan bahwa versi 20 GB tidak akan diproduksi lagi. Sumber: http://kotaku.com/gaming/top/sony-the-ps3-20gb-is-dead-251567.php
Catatan: Pada awalnya versi 20GB tidak mendapatkan port HDMI, tetapi ketika Sony Computer Entertainment mengumumkan harga baru yang lebih murah untuk PS2 20GB (hanya di Jepang), mereka mengumumkan bahwa sekarang, versi Basic juga akan mendapatkan port HDMI, untuk kualitas gambar yang lebih bagus di televisi keluaran baru.

Berdasarkan negara/daerah, PS3 dirilis, disertai tanggal rilis:
• Versi Jepang (NTSC-J, 100 Volt, 20GB dan 60GB) - Versi ini untuk dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006. Dirilis oleh Sony Computer Entertainment Inc, Japan (SCEI/SCEJ)
• Versi Amerika (NTSC-U/S, 110 Volt, 20GB dan 60GB) - Versi ini dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 17 November 2006 (dan kemungkinan Meksiko pada kuartal pertama tahun 2007). Dirlis oleh Sony Computer Entertainment America (SCEA)
• Versi Eropa dan Australasia (PAL, 220 - 240 Volt, hanya 60GB saat rilis) - Versi ini dirilis di negara Uni-Eropa (termasuk Inggris Raya), Australia, Selandia Baru, dan negara-negara yang menggunakan sistem televisi PAL. Rumor beredar, bahwa rilis di negara-negara tersebut, pada tanggal 1 atau 7 Maret 2007. Pada awalnya, tanggal rilis Eropa sama dengan tanggal rilis Amerika. Tetapi karena ada kekurangan dioda Blu-ray, pada tanggal 6 September 2006, Sony mengumumkan bahwa tanggal rilis Eropa diubah menjadi Maret 2007. Dirilis oleh Sony Computer Entertainment Europe (SCEE)
• Versi Asia (NTSC-J atau NTSC-C atau PAL, 100 Volt - 240 Volt, 20GB dan 60GB) - Versi ini dirilis di Hong Kong dan Taiwan pada tanggal 17 November 2006 (hanya sekirat 1000 PS3 di Hong Kong, dan 500 PS3 di Taiwan. Kemungkinan akan dirilis di negara-negara yang berada di wilayah wewenang Sony Computer Entertainment Asia, seperti Korea, Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Thailand, Singapura). Indonesia tidak termasuk dalam wilayah wewenang SCE Asia.
Catatan: Walaupun aliran listrik di Jepang adalah 100 Volt, pengguna dari Inggris, yang membeli di Jepang telah melaporkan di salah satu forum Amerika bahwa PS3 mereka dapat dijalankan di Inggris tanpa bantuan power transformer.

Sega

Sega (株式会社セガ, Kabushiki-gaisha Sega?) adalah pengembang perangkat lunak permainan video. Sebelumnya juga pembuat komputer rumah dan konsol permainan video. Perusahaan ini sukses di pasar mesin permainan Arcade dan konsol permainan video untuk rumah, tetapi pada awal 2001, mereka meninggalkan bisnis konsol video permainan karena mengalami kerugian dan konsentrasi pada pengembangan perangkat lunak permainan untuk berbagai konsol. Orang-orang menganggap Sega merupakan pesaing terberat Nintendo saat perang konsol di kelas 8 bit dan 16 bit.

Software
Sistem Operasi
PlayStation 3 menggunakan Cross Media Bar, atau disingkat XMB. Cross Media Bar adalah sistem operasi yang sudah diterapkan pada PSX (PlayStation 2 ditambah fitur ekstra seperti merekam acara televisi, bukan PlayStation 1, hanya dirilis di Jepang), PlayStation Portable, dan semua televisi produksi Sony terbaru (Sony Bravia)
Pada Cross Media Bar versi PlayStation 3, ada 8 kategori menu, yaitu:
• Users (Pengguna)
• Settings (Pengaturan)
• Photo (Foto)
• Music (Musik
• Video (Video)
• Game (Game)
• Network (Jaringan)
• Friends (Teman)
Berdasarkan manual PlayStation 3 yang dapat diakses online, terdapat beberapa opsi bahasa (diurutkan berdasarkan tampilan dari PS3 itu sendiri):
• Bahasa Jerman
• Bahasa Inggris
• Bahasa Spanyol
• Bahasa Perancis
• Bahasa Italia
• Bahasa Belanda
• Bahasa Portugis
• Bahasa Rusia
• Bahasa Jepang
• Bahasa Korea
PlayStation 3 memiliki browser Internet yang dapat diakses dari menu XMB. PS3, tidak seperti PSP, dapat melakukan multitasking, seperti mendengarkan lagu sambil mengakses internet. XMB PlayStation 3 dapat memainkan beberapa format file musik, foto dab video.
Dari menu ini juga, pengguna dapat menginstall Sistem Operasi yang lain (Linux).

Linux
Pada awalnya, Sony menyatakan bahwa Linux akan di-instal di setiap PS3, tetapi semua PS3 yang sudah terjual tidak termasuk sistem Linux. Tetapi Sony menambahkan menu untuk menginstal sistem operasi yang lain di menu XMB (Settings > System Settings > Install Other OS). Setelah instalasi selesai, pengguna dapat memilih sistem operasi yang akan dibuka ketika PS3 dinyalakan. Sony telah merilis daftar Sistem Operasi yang kompatibel dengan PS3.

Pada tanggal 17 Oktober 2006, Terrasoft mengumumkan Yellow Dog Linux for PlayStation 3. Yellow Dog Linux versi 5.0 yang dijual di Situs Terrasoft seharga US$50 termasuk Manual dan DVD untuk sources dan aplikasi yang belum dikompilasi ke dalam sistem operasi tersebut( seperti Linux kernel, GNU Compiler Collection, Firefox, dan OpenOffice.org. Yellow Dog Linux 5.0 akan diluncurkan untuk umum 2 minggu setelah PS3. Yellow Dog Linux 5.0 termasuk kode dari The Barcelona Supercomputing Center, Sony, dan Red Hat's Fedora Core 5.

Kompabilitas Game PlayStation dan PlayStation 2
PlayStation 3 dapat memainkan game dari PlayStation dan PlayStation 2 yang mengikuti TRC (Technical Requirements Checklist). Dengan mengikuti TRC developer game dapat meyakinkan pengguna bahwa produknya dapat dimainkan di PlayStation mendatang.
Tetapi, setelah rilis di Jepang, beberapa masalah ditemukan pada 200 games, termasuk Final Fantasy dan Gran Turismo. Sony akan merilis update firmware di waktu dekat untuk menyelesaikan masalah ini.
Game PlayStation dan PlayStation 2 masih dibatasi per region (Contoh: Game Jepang tidak dapat digunakan di PS2 Amerika), tetapi, game PS3 tidak dibatasi.

Firmware
Firmware PlayStation 3 yang pertama adalah versi 1,10 yang telah dirilis di Jepang dan Amerika (bahkan sebelum resmi dirilis di Amerika). Dirilis bersamaan dengan rilis PlayStation 3 di Jepang. Firmware ini mengaktifkan fitur online PlayStation 3. Firmware saat ini adalah versi 1,93

Hardware
Konektivitas dengan PlayStation Portable
PlayStation Portable dapat dihubungkan dengan PS3 dengan berbagai cara, termasuk konektivitas game seperti Formula One 06 yang menggunakan PSP sebagai kaca belakang mobil. PS3 juga dapat mengirim game PlayStation 1 (yang dirilis khusus untuk PSP, dan hanya dapat didownload dari PS3 untuk sementara ini) ke PSP. Emulator untuk itu akan dirilis dalam waktu dekat (rumor: PSP Firmware versi 3.0).

Sony telah mendemonstrasikan PSP yang memutar video yang disimpan di hard disk PS3, dengan resolusi 1080p (High Definition) dengan menggunakan sistem jaringan nirkabel Ad-Hoc.

Kompabilitas PlayStation dan PlayStation 2
PlayStation 3 tidak dapat menggunakan memory card dan joystik dari PlayStation 1 dan 2. Pengguna harus menyimpan data game di virtual memory card yang dapat dibuat dari menu PlayStation 3 dan disimpan di hard disk. Alat-alat USB untuk PlayStation 2 kemungkinan dapat digunakan di PlayStation 3.

Kritik
Sebelum dikeluarkan, PlayStation 3 sudah menuai beberapa kritik:
• Kritik pertama adalah prototype kontroler berbentuk bumerang yang mendapat kecaman keras dari kritikus dan penggemar PlayStation. Hal ini langsung diperbaiki oleh Sony dengan mengganti desain kontroler PlayStation 3 menjadi nyaris identik dengan kontroler PlayStation 2.
• Harga launching yang terlalu mahal. PlayStation 3 akan diluncurkan dalam dua versi, yaitu versi '60 GB' dan versi '20 GB'. Versi 60 GB akan diluncurkan di Eropa seharga 599 Euro (sekitar 690 US$), dan versi 20 GB diluncurkan seharga 499 Euro (sekitar 590 US$).
• Konsol yang tidak bisa diupgrade. PlayStation 3 akan diluncurkan dalam 2 versi, yaitu versi '60 GB' dan '20 GB' (lihat di atas). Sony mengumumkan bahwa varian '20 GB' tidak bisa diupgrade menjadi '60 GB'.
• 6-Way Movement Sensor (SIXAXIS). Sony mengumumkan di E3 2006, bahwa akan menambahkan fungsi pendeteksi gerakan di kontroller PlayStation 3. Hal ini dilihat oleh kritisi sebagai tindakan Sony dalam meniru kontroller Nintendo Wii yang sudah diumumkan setahun sebelumnya pada E3 2005.
• Tidak adanya dukungan fungsi getar built-in. Karena Sony berencana untuk memasukkan Movement Sensor (lihat di atas), sedangkan ruang yang disediakan dalam kontroller terbatas, maka Sony mencabut fungsi getar pada kontroller PlayStation 3





http://Subari.blogspot.com
*---------------------------
Dedy Muhammad F.R.
Ferdy Dwi Erwansyah
Prasetyo Hadi Nugroho
Eka Yubi Prasetya
...

2 komentar:

e mengatakan...

Hi
You have a great blog!
Let me invite you and
everyone you want to:
eBambi
Present yourself
and meet your friends.
Join now:
http://www.ebambi.com

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)