Minggu, 27 Juli 2008

Workshop Multimedia bagi Guru


-----------------------------------------
Oleh: Subari
Penulis selaku pembicara
pada acara Workshop Multimedia bagi Guru
di lingkungan SMA Negeri 6 Malang
-----------------------------------------

:: Pembelajaran

Dua jenis strategi pembelajaran yang lazim digunakan:

strategi deduktif,
seorang guru akan memulai pengajaran dari perkara yang diketahui hingga perkara yang belum diketahui oleh pelajar.

strategi induktif,
seorang guru memulai dengan subyek yang tidak diketahui dan bergerak kepada prinsip yang diketahui oleh pelajar.


Pembelajaran Dengan Bantuan Komputer

Media dan teknologi pembelajaran telah banyak mempengaruhi corak pendidikan di seluruh dunia.Pada masa kini, perkembangan dari program komputer telah mulai merubah cara pengajaran dan pembelajaran di dunia pendidikan.


• Program komputer yang telah siap-sedia untuk pengajaran beberapa topik tertentu lebih dikenali sebagai Computer Assisted Instructions (CAI),
• program lain yang berkaitan seperti CBI (Computer Based Instruction),
• CAL (Computer Aided Learning),
• CAI (Computer Aided Instruction), dan
• CAL (Computer Assisted Learning).

Rushby (1980) dan David H.Wyatt (1984) membahas beberapa masalah yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran dengan bantuan komputer. Ada beberapa jenis metode pengajaran dan pembelajaran dengan bantuan komputer yaitu :

1. Latihan Soal dan Umpan balik

Pelajar diberi soal satu demi satu untuk melatih kemahirannya dalam suatu materi. Pelajar diberi soal dan memberi jawaban dan komputer kemudian memberi umpan balik kepada setiap jawaban pelajar.

2. T u t o r i a l

Metode tutorial mengajar dan menjelaskan suatu materi. Ini kemudian diikuti dengan pemberian latihan soal untuk pelajar untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan mengenai suatu materi yang telah dipelajari.

3. S i m u l a s i

Metode simulasi memberi suasana yang menyerupai keadaan dan fenomena sebenarnya dalam dunia luar. Komputer akan memberikan satu visual atau penjelasan . Pelajar bisa mengubah nilai dari sebuah factor dalam situasi tersebut dan melihat simulasinya. Pelajar diminta menganalisis, membuat keputusan dan bertindak untuk mendapatkan sebuah situasi baru.

4. Permainan

Metode permainan, pada metode ini konsep-konsep dari sebuah materi di aplikasikan dan disajikan dalam bentuk sebuah permainan sehingga selain dapat melatih pelajar juga dapat menghibur.

5. Penyelesaian Masalah

Merupakan metode dengan simulasi yang membutuhkan proses kognitif yang tinggi seperti pemikiran logik dan kritikal serta diperlukan sebuah penalaran, dalam hal ini pelajar diberi suatu permasalahan untuk mereka analisa dan memecahkan masalah tersebut.

M U L T I M E D I A

Multimedia adalah sebagai kombinasi grafik, animasi, teks, video dan suara dalam suatu program dan mementingkan unsur interaksi antara pengguna dan komputer.

Peranan Multimedia Pada Kegiatan Pengajaran dan Pembelajaran
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wharton Business School, University Pennsylvania U.S.A, bahwa dengan menggunakan aplikasi multimedia sebagai alat bantu pembelajaran, seorang pelajar akan dapat mengingat :

• 10% apa yang dibaca
• 20% apa yang didengar
• 40% apa yang didengar dan dilihat
• 70% apa yang didengar, dilihat dan dilakukan.

Ini adalah karena multimedia menggunakan media-media yang dapat dilihat, didengar dan berinteraksi. Maka dengan yang demikian pelajar belajar melalui cara yang berbeda, seperti:


Maka penggunaan aplikasi multimedia dalam pendidikan adalah sebagai suatu alat yang mempunyai banyak keistimewaan


File-file yang digunakan pada program multimedia, pada umumnya (beberapa contoh):










Perangkat PC Multimedia


Central Processing Unit (CPU)








Input Device



Output Device



Srorage Device








*------------------------------
http://Subari.blogspot.com
...

Tidak ada komentar: