Kamis, 28 Februari 2008

HP Dual Mode (CDMA/GSM, GSM/GSM)


Apabila kita mendengar istilah Handphone, maka yang terbesit di benak kita adalah sebuah alat komunikasi sejenis telepon saku (pocket phone) dikarenakan ukurannya yang kecil sesuai dengan ukuran saku, yang tentu saja menyajikan fasilitas-fasilitas atau fitur –fitur yang lebih bila dibandingkan dengan telepon biasa (home telepon). Yang membedakan paling mencolok adalah penggunaan media dalam proses komunikasi pada alat tersebut. Dimana telepon rumah menggunakan kabel telepon sedangkan handphone menggunakan media berupa frekuensi sinyal.

Pada jaman saat ini sebagian besar kehidupan di masyarakat, hampir tidak bias lepas dari Handphone. Selain dikarenakan factor kemajuan global yang semakin tinggi, juga dikarenakan faktor kepraktisan dari Handphone. Semakin majunya teknologi tersebut memaksa setiap produsen untuk memebrikan inovasi-inovasi baru yang dibenamkan di dalam setiap Handphone-handphone keluaran terbaru untuk berlomba-lomba menarik perhatian setiap konsumen. Seperti fasilitas SMS/MMS, Camera Mpixcel, Mp3 player,fasilitas 3G, Tv mobile, dll.

HandPhone GSM dan HandPhone CDMA
Handphone yang digunakan sebagian besar masyarakat umum terdapat 2 jenis, yaitu yang menggunakan system GSM ( Global System for Mobile) dan CDMA ( Code Division Mutiple Access).

Gambar: Salah satu jenis HP CDMA dan Hp GSM

Dan berhubungan dengan hal tersebut banyak bermunculan produsen pulsa khususnya di Indonesia yang menyediakan pulsa bagi masyarakat sesuai denga jenis HP yang digunakan. Sebut saja seperti Telkomsel, Indosat, Xl, 3(Trhee), Esia, dll. Dan kebanyakan masyarakat menjadi bingung untuk memilih antara memakai Hp yang menggunakan kartu GSM atau CDMA, dikarenakan mereka selalu dijejali dengan promosi – promosi baik di media massa atau media cetak oleh para produsen pulsa baik berupa fitur – fitur atau berupa harga tarif yang murah pada setiap kartu GSM maupun CDMA.
Pada umumnya Handphone GSM menggunakan frekuensi 800 dan 900 MHz atau yang sering disebut dengan GSM 800/900 (dual band). Beberapa negara yang menggunakan frekuensi ini adalah sebagian besar negara yang ada di asia termasuk indonesia. Jenis yang lain adalah GSM 1900 ( frekuensi GSM 1900 MHz) yang banyak digunakan di berbagai negara bagian di Amerika dan kanada.
Sedangkan untuk Hp CDMA di indonesia menggunakan frekeunsi CDMA 800 MHz dan 1900 Mhz atau lebih dikenal dengan CDMA 800/1900 ( dual band). Sebagian besar operator CDMA di indonesia Flexi, StarOne, Fren) yg beroperasi di JawaTimur (Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang) menggunakan frekuensi 800MHz. Sedangkan operator Flexi & StarOne yg beroperasi di wilayah Jabotabek menggunakan frekuensi 1900MHz (Fren tetap 800MHz).
Banyak orang berpikir bahwa frekuensi 1900MHz lebih bagus, makanya untuk Jakarta digunakan frekuensi tsb. Padahal itu adalah pemikiran yg SALAH BESAR. Secara teknis, frekuensi 800Mhz justru memiliki kekuatan sinyal yg lebih baik untuk menembus tembok-tembok bangunan. Makanya operator CDMA terbesar & terbaik di Amerika yaitu Verizon juga menggunakan frekuensi 800MHz. Karena perbedaan frekuensi tsb, maka kualitas sinyal operator CDMA (Flexi & StarOne) untuk wilayah Surabaya (800Mhz) jauh lebih baik drpd Jakarta (1900MHz). (www osdir.com)
Selain itu keunggulan operator yg menggunakan frekuensi 800Mhz adalah pelanggannya bisa menggunakan semua handphone CDMA tipe apapun (sekalipun yg harganya cuma 350 ribuan). Sedangkan untuk operador CDMA yg menggunakan frekuensi 1900MHz, pelanggannya hanya bisa menggunakan handphone tipe dual-band saja (lebih mahal).

Beberapa perbedaan yang ada pada GSM dan CDMA yang ada di indonesia, antara lain yaitu dari segi :
==> Kecepatan Transfer
CDMA menawarkan kecepatan transfer data yang lebih banding GSM. Dengan teknologi CDMA2000 1xRTT secara teoritis kita dapat menyampaikan data hingga 153 kbps. Sedangkan GPRS hanya mencapai 111 kbps.

==> Biaya

Daftar biaya layanan data yang ditawarkan operator telepon selular di Indonesia dapat dilihat pada tabel di bawah. Untuk operator CDMA biaya layanan data cenderung sama yaitu Rp. 5/kb. Variasi yang lebih besar terlihat pada opeartor GSM, tariff layanan data berkisar antara Rp. 10/kb s.d. Rp 30/kb. Bila kita perhatikan biaya layanan untuk setiap kilobyte data pada kartu selular CDMA lebih murah sekitar 2 sampai 10 kali kartu GSM.


==> Cakupan Wilayah
Cakupan wilayah untuk GPRS lebih luas dari CDMA karena teknologi GPRS menggunakan jaringan GSM yang lebih dahulu ada, lebih mapan dan mencakup wilayah area yang lebih luas bila dibandingkan dengan CDMA.


Perbedaan mendasar GSM dan CDMA
Perbedaan mendasar dari teknologi CDMA adalah sistem modulasinya. Modulasi CDMA merupakan kombinasi FDMA (Frekuensi Division Multiple Access) dan TDMA (Time Division Multiple Access). Pada teknologi FDMA, 1 kanal frekuensi melayani 1 sirkuit pada satu waktu, sedangkan pada TDMA, 1 kanal frekuensi dipakai oleh beberapa pengguna dengan cara slotwaktu yang berbeda.
Pada CDMA beberapa pengguna bisa dilayani pada waktu bersamaan dan frekuensi yang sama, dimana pembedaan satu dengan lainnya ada pada sistem coding-nya, sehingga penggunaan spektrum frekuensinya teknologi CDMA sangat efisien. Kelebihan yang ditawarkan CDMA antara lain kualitas suara dan data, harga atau tarif yang lebih murah, investasi yang lebih kecil, dan keamanan dalam berkomunikasi (tidak mudah disadap).

Teknologi GSM dengan GPRS nya akan terlibas dengan content pada CDMA karena keterbatasan akan lebar data dan aplikasi multimedia pada teknologi GSM. Kelebihan teknologi berbasis GSM diindonesia adalah coverage yanga luas dan roaming jelajah yang sangat luas baik dalam negeri bahkan seluruh dunia, sedangkan CDMA dengan telkomflexi masih sangat terbatas.

Namun bila dibandingkan antara kartu GSM dengan kartu CDMA mana yang lebih murah, maka kartu CDMA boleh dikatakan lebih murah. Tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang masih memilih kartu GSM sebagai kartu untuk HP mereka dengan berbagai alasan. Dan untuk berbagai alasan pula, banyak dari mereka yang memilih untuk membeli dua buah HP yang mana satu digunakan untuk HP GSM dan yang satu lagi untuk HP CDMA. Bila dilihat dari segi ekonomis maka hal tersebut sangat tidak ekonomis, karena konsumen harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli HP lebih dari satu. Hal tersebut juga sangat tidak praktis karena mereka harus menenteng dua buah HP sekaligus. Yang mana pada kenyataannya di jaman perkembangan Mobile pasti setiap konsumen menginginkan suatu hal yang praktis dan ekonomis.
Untuk itu sekarang banyak produsen Handphone yang melihat hal tersebut sebagai peluang usaha. Sehingga mereka mengambil beberapa siasat seperti meluncurkan HP dengan fitur terbaru yaitu Hp Dual System atau yang sering dikenal dengan sebutan HP Dual On/Dual Mode. Yang berarti di dalam HP tersebut bisa digunakan untuk 2 buah kartu sekaligus. Baik untuk GSM – GSM maupun GSM – CDMA.

Handphone Dual System/Dual-On/Dual-Mode

Salah satu handphone jenis baru yang diperkenalkan oleh para produsen ini, merupakan gabungan dari Hanphone yang bisa digunakan untuk 2 nomer dalam satu Handphone. Salah satu jenisnya yaitu Dual on GSM – CDMA dan Dual on GSM – GSM.
Sesuai dengan namanya HP ini dapat digunakan untuk 2 jenis kartu, baik aktif kedua-duanya secara bersamaan maupun aktif secara bergantian sesuai dengan keinginan pemakai HP.
Menyadari kebutuhan nomor dobel tadi, teknologi ponsel menjawab dengan mengembangkan produk ponsel yang dapat menampung dua kartu SIM sekaligus. Awalnya, pilihan cuma dua GSM atau dua CDMA, tapi belakangan berkembang untuk bisa mengombinasikan pula keduanya. Ponsel semacam ini di Indonesia misalnya Motorola A-860, LG W800, dan Samsung SCH-W569,dll.

a. Hanphone GSM - CDMA

Handphone ini merupakan gabungan dari system GSM dan CDMA yang menggunakan Five Band ( GSM 900/1800/1900 dan CDMA 800/1900). Dimana pengguna Handphone dapat menggunakan kartu GSM dan CDMA secara bersamaan ataupun secara bergantian. Namun pada saaat ini kebanyakan Hanphone yang dilengkapi System Dual on ini sudah bisa digunakan untuk 2 kartu aktif secara bersamaan.

Pada handphone System dual on ini terdapat dua slot yang tersedia, yaitu Slot pertama untuk kartu CDMA dan yang lainnya untuk kartu GSM. Bila digambarkan secara sederhana, ponsel dengan dua jaringan aktif, sama seperti dua ponsel biasa yang disatukan dalam sebuah wadah. Di dalamnya terdapat dua radio frequency (RF), atau komponen yang menjadi penghubung ponsel dengan jaringan, tapi hanya puya satu chipset. Tugas chipset yang merupakan otaknya ponsel itu adalah mengatur kelancaran pekerjaan masing-masing RF, serta fitur-fitur yang diemban si ponsel.

HP dual-mode yang kini beredar di Indonesia memiliki RF untuk CDMA dualband 800/1900 Mhz, sedangkan GSM triband 900/1800/1900 Mhz. Dari sini mungkin orang bakal mulai akrab dengan istilah 5 band.
Karena menenteng dua "mesin", jelas pemakaian baterai menjadi lebih boros. Pihak vendor juga menyadarinya. Maka baterai yang digunakan umumnya juga berkapasitas besar, yaitu di atas 1.100 mAH. Bahkan ada vendor yang memberi baterai cadangan.
Pada umumnya disetiap jenis handphone ini terdapat 2 tombol untuk melakukan panggilan keluar ( Dialing). Dimana satu tuombol untuk panggilan keluar untuk GSM dan yang satu lagi untuk CDMA. Sehingga akan lebih memudahkan bagi para pemakai untuk meilih atau berpindah dari mode GSM atau CDMA.
Meskipun Handphone jenis ini dapat memecahkan masalah akan kebutuhan konsumen yang menginginkan Hp 2 in 1 ( 2 kartu dalam 1 Handphone), namun masih sedikit produsen perangkat Hp yang memproduksi jenis Handphone ini. Berikut ini beberapa jenis Handphone Dual on GSM – CDMA, yaitu:


Ponsel dengan dua jaringan aktif mulai dikenal di Indonesia lewat pemunculan CoolPAD 288, pada pertengahan tahun 2006. Telepon genggam produksi Yulong Comp, ( Mito ) vendor asal Cina itu rupanya cukup bikin penasaran para petualang ponsel. Apalagi fitur-fitur yang ditawarkan tergolong lumayan untuk ponsel berbasis CDMA, seperti kamera 2 Mega Pixels (MP) dan slot memori MicroSD berkapasitas sampai 1 Gigabyte (GB).

Hitech H31

Hitech H31 ini merupakan Hp dual on yang memiliki fasilitas Touchscreen Display, membuat ponsel yang mengusung teknologi dual sim card ini semakin powerful.
Karena touchscreen, H31 memiliki kemampuan handwriting recognition. Fitur ini menarik karena mampu menterjemahkan “gesekan” stylus menjadi huruf atau angka di media text untuk SMS. Hanya saja kemampuannya belum sebanding dengan PDA dengan akurasi goresan yang cepat dan tepat pada huruf/angka yang dimaksud. Handphone ini juga dilengkapi dengan kamera 2 Mpixel dan sms dengan bahasa Cina. Namun Hp ini hanya memiliki jalur koneksi hanya melalui USB.
Spesifikasi :
• Network : Double GSM-GSM SIM Card slot 900/1800 (Double GSM-GSM Signal active in the same time)
• Size : 100mm X 47 mm X 15 mm
• Display : Touchscreen 2.0" TFT 262.000 color
• Handwriting recognition
• Music Support : MP3
• Video Support : MP4
• Camera : 2 megapixel for PC camera, video camera
• Language : Bahasa Indonesia - English
• Expansion Slot : Memory Card slot
• Feature : MMS, WAP, Game, calculator, calendar, memo, stopwatch, alarm, speech record
• Battery : 700 mAh

SAMSUNG SCH W579

Walau tidak masuk dalam kategori smartphone, Samsung SCH-W579 dilengkapi dengan pena stylus. Pena ini digunakan untuk mengoperasikan layar sentuh dan mengeskplorasi setiap menu serta fitur didalamnya. Pena ini juga digunakan sebagai alat menulis pesan atau SMS. Sayangnya, penempatan pena ini sama sekali tidak ergonomis. Cukup mengganggu saat kita harus menggunakan fasilitas kamera. Kelebihan lain dari ponsel jenis ini yaitu fitur komunikasi data smart messaging yang menyuguhkan video chatting dengan menggunakan fasilitas webcam yang juga berfungsi sebagai kamera 1.3 megapiksel. Samsung jenis ini juga melengkapi performanya dengan fungsi modem yang mendukung komunikasi data berkecepatan tinggi. Untuk menikmati hiburan, selain perekam video dan media komposer, ponsel 2,5G ini dapat menampilkan TV Mobi dari Fren yang memungkinkan konsumen menikmati tayangan televisi saat beraktifitas di luar ruangan, serta fungsi MP3 Player untuk mendengarkan lagu-lagu favorit pilihan.
Spesifikasi dan Fitur:

- Dual Mode
- CDMA2000 1X 800/1900 MHz dan GSM 900/1800 MHz
- Layar TFT, QVGA (240x320 pixels) dan support 262000 warna
- Dimensi 52.4 x 99 x 17.6 mm, dengan berat 105 gram
- Berbentuk slide-up dengan 1.000 kapasitas phonebook
- Dapat menyimpan 500 CDMA SMS dan 500 GSM SMS
- MP3 Player Smart Messaging, Online Game, TV mobi supported, kamera VGA 1.3 Megapiksel (rotasi 180 derajat), video recorder, melody komposer, SOS message, WAP 2.0, GPRS class 10, Bluetooth 2.0, MMS, 125 MB internal memory, touch screen, 128 polyphonic ringtones, games, kalender, alarm, kalkulator, voice memo.

Taxco DM70


Spesifikasi dan Fitur:

- Dual Mode CDMA2000 1X 800/1900 MHz dan GSM 900/1800 MHz
- Layar TFT, QVGA (240x320 pixels) dan support 262000 warna
- MP3 Player Smart Messaging, Online kamera VGA 1.3 Megapiksel ,video recorder, melody komposer, polyphonic ringtones, games, kalender, alarm, kalkulator, voice memo.










b. Hanphone GSM – GSM

Untuk jenis Hp ini tidak jauh berbeda dengan Hp dual on GSM – CDMA. Hanya saja handphone jenis ini hanya dapat digunakan untuk 2 buah jenis kartu GSM saja.
Tidak berbeda halnya dengan Handphone GSM pada umumnya Untuk Jenis handphone ini pengguna Hp dapat mengaktifkan 2 buah nomor GSM secara bersama – sama. Seperti halnya Handphone GSM – CDMA, handphone ini juga terdapat 2 buah tombol panggilan untuk mengaktifkan Nomor mana yang dipakai sebagai nomor utama, sehingga pemakai harus mengeset dulu nomor mana yang dipakai sebagai nomor utama. Dan nomor yang lain sebagai nomor minor. Pengguna bebas mengubahnya kapan saja.
Untuk melakukan panggilan, pengguna tinggal memilih nomor mana yang dipakai untuk melakukan panggilan tersebut. Ketika pengguna sedang bertelepon kemudian ada panggilan masuk, pengguna dimungkinkan menerima panggilan kedua.
Panggilan pertama bisa diputus maupun di-hold. Berikut ini beberapa jenis Handphone Dual on GSM – CDMA, yaitu:

D-One D388


Salah satu Handphone produksi Tiongkok ini, mempunyai Layar TFT 65 ribu warna, kamera 1,3 megapiksel, perekam video, slot micro SD, pemutar multimedia, GPRS, dan MMS merupakan sebagian spesifikasi D388. Koneksi dengan perangkat lain hanya bisa mengandalkan kabel data. Tidak tersedia inframerah, bluetooth, apalagi Wi-Fi.

Sebagai nada dering telepon, pengguna ponsel dengan menu berbahasa Indonesia dan Inggris ini bisa memanfaatkan file MP3. Sedangkan untuk penanda SMS, pengguna hanya dapat memilih satu di antara enam nada yang tersedia. Ponsel buatan Tiongkok yang dibandrol Rp 1,85-1,9 juta ini didistribusikan dan digaransi selama 12 bulan oleh Sarindo, perusahaan yang lebih dikenal sebagai distributor ponsel Samsung. Paket penjualannya termasuk kabel data, dua baterai, handsfree, dan kartu memori 256 MB.

MITO 288GG

Hanphone ini memiliki fitur TouchScreen, dan juga dilengkapi dengan kamera 1,3 Megapixel. Dan dapat mengaktifkan 2 nomor secara bersama –sama. Hand phone ini juga dilengkapi beberapa fitur : Blue tooth Active, 2 System StandBytogether, 2 Choice System for Outgoing & Incoming Call ,Chinese Pinyin SMS Character, Memory 300 Contact & 150Messages, MP3 & MP4 Ready, Handwriting,Port Modem, Video Recording Ready, Support GPRS, WAP, Standby Time 50 hoursTalk Time 3 Hours. USB 1.1, Languages: EnglishChinese, Indonesia
Selain dengan membeli jenis handphone seperti diatas, kita juga bisa memiliki 2 kartu GSM dalam satu Hp. Yaitu dengan cara melengkapi Hp GSM kita dengan salah salah satu aksesoris yang disebut dengan Dual SIM Adapater . dengan alat ini kita memungkinkan untuk menyisipkan 2 buah nomor sekaligus kedalam Hp kita.


Dengan menggunakan asesoris ini kita dapat bergonta-ganti nomor dengan menggunakan switch mekanis atau switch elektronis dengan cara mematikan lalu menghidupkan kembali handphone kita. Beberapa cara implementasi dual SIM adapter ditempuh oleh para produsen. Ada yang menawarkan produk ini dengan menempatkannya pada cover belakang handphone, terintegrasi pada batu battery, atau yang lebih inovatif lagi dalam bentuk lempengan kecil yang dapat memegang dua kartu SIM sekaligus (super slim dual SIM adapter). Sayangnya dual SIM adapter ini sangatlah tergantung dengan merek dan tipe handphone.

Cara kerja dual SIM adapter ini sangatlah sederhana, perangkat ini memanfaatkan rangkaian elektronika digital sebagai pengganti saklar mekanik. Kita dapat dengan mudah menemukan diagram skematik dari asesoris (perangkat) ini di beberapa situs di Internet, seperti yang ditampilkan pada gambar di samping ini. Silahkan click gambar ini untuk menampilkan diagram skematik dalam ukuran yang lebih besar.
Pemasangan super slim dual SIM adapter ini sangatlah sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Faktor terpenting yang harus diperhatikan adalah tipe yang digunakan merupakan tipe yang sesuai dengan handphone yang kita miliki.


c. Kelebihan dan kekurangan Handphone Dual On System.

Meskipun Handphone Dual On ini dinilai praktis dan lebih ekonomis namun terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan didalamnya.
==> Kelebihan
• Dapat menyimpan 2 kartu dalam 1 Handphone
• Sebagian besar Handphone Dual on sudah memiliki kamera Mega pixel.dan juga fitur – fur lainnya seperti MMS , GPRS, MP3, MP4,dll.
• Beberapa Handphone sudah menggunakan system TouchScreen
• Dapat digunakan untuk semua jenis kartu GSM dan CDMA
• 2 nomor yang kita gunakan dapat aktif secara bersamaan ( kecuali menggunakan Dual SIM Adapter)

==> Kekurangan
• Di indonesia masih sedikit produsen Handphone yang memproduksi jenis Handphone ini.
• Pemakaian baterai lebih boros, sehingga memerlukan baterai dengan kapasitas yang besar.
• Untuk penggunaan Dual SIM adapter pemakain nomor, dipakai secara bergantian
• Harga Handphone Dual On masih diatas 1 juta-an.



http://Subari.blogspot.com
*---------------------------------
www.Forumnusaku.org
www.tukangkomentar.com
www.Forum_nusaku.org
www.sasak.net
www.mitomobile.com
www.intisari-online.org
www.pikiranrakyat.org
www.Reviewland.com
www.Wikipedia.com
www.Mobile -online.com
www.Zymnq.com

Angga Dwi pratama
Agil Krisyudianto
Fendi Adriyan
Firman Harry A.
...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

info sgt bermanfaat sekali.. njenengan merekomendasikan HP Dual Mode (GSM/CDMA yang murah apa ya... (ijin unt copas ya)..

by wirdan.wordpress.com